Senin, 13 April 2015

Menara Miring Pisa, Italy

Tiba di kawasan Menara Pisa langit masih digelayuti  arakan awan hitam.  Untuk sampai di menara kami harus berjalan kaki beberapa ratus meter.   Winter memaksa aku untuk bisa bersahabat dengan dingin, gerimis, bahkan tiupan angin yang terasa menusuk-nusuk ke tulang.

Ramai pejalan kaki menuju menara membuat aku lupa dengan cuaca dingin yang menggigit.  Apalagi melihat begitu banyak para penjaja payung yang menawarkan dengan bahasa Indonesia dan inggris secara bersamaan menjadi hiburan ringan di sepanjang jalan.  Ternyata kebanyakan para pedagang di sekitar kawasan Menara Pisa ini adalah muslim Bangladesh.  Mereka sengaja bermigran ke Italy hanya untuk mencari penghidupan.

Tidak terasa Menara Pisa sudah di depan mata.  Sebuah bangunan yang mengerucut ke atas dengan kemiringan sekitar lima meter ke samping telah membuat banyak manusia dari penjuru dunia ingin menyaksikannya dari dekat.  Memegang langsung, mengabadikan dan ingin mengetahui sejarah dibalik kemiringannya tersebut.


menara Pisa, Italy
Menara Pisa

Menara Miring Pisa dalam bahasa Italynya disebut Torre Pedente di Pisa atau sering disingkat Torre di Pisa terletak di kota kecil Pisa Propinsi Tuscany, sekitar 380 kilometer dari Kota Roma.



Menara ini merupakan bangunan ketiga di lapangan pelangi Kota Pisa.  Dan dibangun secara lurus vertikal untuk  menempatkan lonceng yang dipergunakan untuk acara-acara keagamaan.

www.nanidjabar.blogspot.com
di Lapangan rumput Hijau


Tapi dalam proses pembangunannya yang sangat panjang memakan waktu hampir 200 tahun karena terkendala oleh perang sehingga menara ini mengalami kemiringan 5 meter kesamping.



Setelah diteliti ternyata memang menara ini dibangun diatas tanah yang tidak stabil dan dengan kedalaman yang tidak seimbang dengan bobot yang mencapai 14.500 ton.



di Teras Katedral
Menikmati udara winter :)

Hmmm… berarti desain menara ini sudah cacat sejak awal, tapi kok bisa jadi salah satu keajaiban dunia ya???


menara miring pisa, Italy
berfose menahan Menara


Aku dan keluarga berjalan-jalan mengitari bangunan-bangunan di sekitar menara.  Artistik dan unik memang, tetap khas gaya eropa. Tidak lama kami pun mencari resto untuk memanjakan lidah.  Halal food kudu jadi prioritas utama dong….hehehe



halal food, menara pisa italy
makan dulu yuukk :)




Setelah kenyang, waktunya berburu souvenir.  Wah di sekitar Pisa ini banyak sekali pedagang souvenir.  Ada perlengkapan winter, tas, sepatu, dan souvenir-souvenir produk lokal Italy dengan harga yang sangat terjangkau.  Saking senengnya berbelanja, aku jadi lupa  jepret-jepret kios disini... :D

foto dulu ah...

Karena pada saat winter, malam lebih panjang dari siang sehingga kami harus buru-buru pulang ke hotel sebelum matahari terbenam.  

bye...

Wassalam, Nan Dj

Baca juga : 
Ketika Singgah di Bologna, Italy
Monaco, The Second Smallest Countries
                

19 komentar:

  1. Suatu hari nanti aku harus ke Italiiiiiiiiii T__T

    BalasHapus
  2. Waktu suamiku dan ortu mertua masih tinggal di finland, mrk srg tuh mba kliling eropa termasuk mengunjungi menara pisa ini.. aku ngeliat foto2 mrk aja lgs bertekad, harus bisa dtg kesana ^o^!

    BalasHapus
  3. Keren ya maaak. Semoga bisa jalan2 ke itali juga kyk mak nani djabar. :D Nice blog maaak.

    BalasHapus
  4. Mbak... sumpah ngiler. Pengen juga jalan-jalan ke luar negeri.
    Mungkin Menara Pisa jadi salah satu keajaiban karena mengalami cacat desain. :D

    BalasHapus
  5. Hahaha...bener jg mbak... smg segera kesana ya mbak

    BalasHapus
  6. mungkin dianggap keajaiban dunia karena keunikannya yang miring itu? :)

    BalasHapus
  7. aaaaaaaaaah keren, mdhn bisa kesampaian kesana sblm makin miriiiing :) aamiin

    BalasHapus
  8. wah foto-fotonya menggoda banger deh .....

    BalasHapus
  9. Kapan aku bisa sampai di tempat ini Mbak.. pengen banget... salah satu tempat keren yg ada di Eropa..

    BalasHapus

Aku dan Lock Down-Virus Corona (Covid19)

Aku tiba-tiba merasa berada dalam dunia unreal, antara percaya dan tidak dengan apa yang sedang aku alami saat ini. Tepatnya hari senin 1...